Cara Merawat Kerajinan Tembaga dan Kerajinan Kuningan
Avatar of tiga_putra

Sebenarnya baik itu kerajinan tembaga maupun kerajinan kuningan dalam proses pembuatan sebaian produk sudah dilakukan proses finishing yakni dengan menggunkan Finishing Clear Coating, sehingga diharapkan ketika produk kerajinan tembaga dan kuningan yang dihasilkan sudah berada di tangan konsumen, mereka tidak perlu lagi repot-repot untuk merawat karena sudah diberikan lapisan pelindung. Teknik Finishing Clear Coating digunakan untuk menjaga warna agar tidak cepat berubah dan tetap tahan terhadap berbagai perubahan cuaca. Cara ini dimaksudkan untuk memastikan kerajinan tembaga dan kuningan tersebut tetap kondisi yang terjaga (bagus) baik ketika digunakan di dalam ruangan (indoor) maupun ketika digunakan di luar ruangan (outdoor).

Reaksi oksidasi alami terhadap produk kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan tidak mungkin dapat dihindari karena hal ini merupakan sebuah proses alamiah. Tetapi setidaknya dapat di hambat atau di proteksi. Sedangkan reaksi oksidasi antar kerajinan tembaga dan kuningan satu dengan yang lainnya berbeda-beda tergantung dengan penggunaan, lokasi penempatan, serta variabel lain yang mempengaruhi seperti hujan, panas, detergen, dan sebagainya. Misalnya kubah masjid tembaga dengan lampu robyong tembaga, rentan waktu reaksinya akan berbeda karena kubah tembaga letaknya di luar ruangan (outdoor) yang berinteraksi langsung dengan panas dan hujan, sedangkan lampu robyong berada di dialam ruangan (indoor) hanya sedikit faktor yang dapat mempengaruhinya.

Walau demikian, malah ada sebagian yang menilai bahwa kerajinan logam seperti kerajinan tembaga dan kerajinan kuningan tetap mendapatkan nilai positif (antik) dari proses oksidasi alami ini. Kerajinan tembaga dan kuningan ini tak akan hancur atau rusak, malah akan menambah nilai seni dari produk kerajinan ini. Nah, di sini-lah letak perbedaan dari produk kerajinan tembaga atau kerajinan kuningan dibanding dengan produk kerajinan lainnya.

Cara Merawat Kerajinan Tembaga dan Kerajinan Kuningan yang tidak melalui tahap Finishing Clear Coating cukup mudah. Jika ingin melakukan perawatan secara tradisional anda cukup membersihkannya dengan cairan asam jawa. Tetapi jika anda kesulitan mencari asam jawa, anda dapat menggunakan lansol (batu hijau) atau braso kemudian anda usap-usap pada produk kerajinan tembaga atau kerajinan kuningan kesayangan anda.

Demikian Tips Cara Merawat Kerajinan Tembaga dan Kerajinan Kuningan, semoga bermanfaat dan koleksi kerajinan tembaga atau kerajinan kuningan anda tetap terjaga kualitasnya.

Lihat juga postingan kami sebelumnya : Lampu Gantung Tembaga Bulat

Add Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *